A. SEKILAS PROGRAM

Sebagai negara berkembang Indonesia sedang giat menjalankan program pembangunan nasional di segala bidang. Hingga beberapa dekade mendatang pembangunan bidang infrastruktur diyakini masih merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan nasional karena perannya yang sangat strategis dalam mendukung pengembangan sektor lainnya. ebagai negara berkembang Indonesia sedang giat menjalankan program pembangunan nasional di segala bidang. Hingga beberapa dekade mendatang pembangunan bidang infrastruktur diyakini masih merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan nasional karena perannya yang sangat strategis dalam mendukung pengembangan sektor lainnya.

Oleh karenanya,ketersediaan sumberdaya manusia (SDM) dengan kompetensi bidang infrastruktur akan tetap menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Bidang ilmu utama yang berorientasi pada kompetensi pengembangan infrastruktur adalah ilmu teknik sipil. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik sipil, serta bidang lain, mengalami peningkatan yang sangat cepat akibat tuntutan efisiensi, ekonomi dan safety di bidang infrastruktur.

Pengembangan SDM bidang teknik sipil di Indonesia menuntut penguasaan ilmu pengetahuan yang up to date, memiliki daya saing dan keahlian yang tidak kalah dengan bangsa lain. Sebagai kontribusi aktif dalam pembangunan nasional. Program Studi Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Fakultas Teknik UGM menyelenggarakan program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan analisis, olah pikir dan ketrampilan SDM Indonesia dalam bidang teknik sipil.

B. TUJUAN PROGRAM

Program Studi Magister Teknik Sipil adalah Program Pendidikan Magister yang dikemas dalam beberapa minat studi yaitu:

  1. Teknik Struktur
  2. Teknik Keairan
  3. Geoteknik
  4. Pengelolaan Air dan Air Limbah (PAAL)
  5. Teknologi Bahan Bangunan (TBB)
  6. Pengelolaan Sarana Prasarana (PSP)

C. VISI

Visi Program Studi Magister Teknik Sipil FT UGM tahun 2012–2017 adalah menjadi program studi magister terkemuka di Indonesia yang berkelas dunia yang unggul dan bermartabat, menghasilkan lulusan Magister Teknik Sipil yang profesional, berperan aktif dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memecahkan permasalahan dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner, berintegritas tinggi, mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa berasaskan Pancasila.

D. MISI

  1. menyelenggarakan pendidikan magister yang menghasilkan lulusan yang mumpuni di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,mampu bersaing di era global, mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa;
  2. menyelenggarakan penelitian yang unggul dan bermanfaat untuk masyarakatdan menyebarluaskan hasil penelitian melalui kegiatan ilmiah;
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui program yang berkesinambungan dengan melibatkan segenap unsur sivitas akademika serta memberdayakan partisipasi pemangku kepentingan (stakeholders);
  4. menjalin kerjasama nasional dan internasional dengan berbagai institusi dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi.
E. AKREDITASI

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 5049/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/IX/2020 mendapatkan akreditasi A yang berlaku 30 Agustus 2020 - 30 Agustus 2025. Sertifikat dapat diunduh pada link unduh


F. PENGELOLA DAN STAFF

A. MINAT STUDI

Program Studi S2 Teknik Sipil Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM menyelenggarakan Program Pendidikan Magister yang dikemas dalam lima minat studi, yaitu:

  1. Teknik Struktur
  2. Teknik Keairan
  3. Geoteknik
  4. PA2L (Pengelolaan Air dan Air Limbah)
  5. TBB (Teknologi Bahan Bangunan)
  6. PSP (Pengelolaan Sarana Prasarana)

Sekilas tentang minat studi diatas sebagai berikut:

1. Teknik Struktur
Mahasiswa yang memilih minat studi ini diberikan pendalaman ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik struktur (structural engineering), melalui pengayaan materi keilmuan yang mencakup perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengelolaan termasuk bahan bangunan dengan mempertimbangkan aspek teknis ekonomi, lingkungan, hukum dan sosial Pengembangan bahan bangunan, metode rancang bangunan bangunan tahan gempa, teknik jembatan, beton prategang dan non prategang, teknologi beton yang dilaksanakan dengan cast in place maupun precast.
2. Teknik Keairan
Air merupakan kebutuhan pokok kehidupan. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik akan menimbulkan permasalahan yang rumit dan berkepanjangan akibat dampaknya yang luas, kekeringan, banjir, penurunan kualitas, ketidak seimbangan supply-demand dsb. Mahasiswa yang memilih minat studi ini diberikan pendalaman ilmu pengetahuan dan teknologi bidang keairan, sehingga memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan dalam mencapai perencanaan dan pengelolaan sumber daya air yang optimal dan berkelanjutan. Dalam minat studi ditawarkan juga materi keilmuan yang terkait pengelolaan rawa dan pantai.
 3. Geoteknik

Seluruh infrastruktur bangunan teknik sipil baik banguan air, jalan, jembatan, gedung dan bangunan lainnya berada di atas tanah atau batuan. Permasalahan yang timbul adalah tanah atau batuan yang kurang memenuhi persyaratan konstruksi, misalnya adanya gerakan tanah. Mahasiswa yang memilih minat studi ini diberikan pendalaman ilmu pengetahuan dan teknologi bidang geoteknik, meliputi perbaikan karakteristik tanah/batuan dengan pengembangan dan aplikasi ilmu geoteknik dengan memanfaatkan bahan sintetis, alami maupun buatan. Selain itu mahasiswa juga dibekali ilmu yang mendukung teknologi yang semakin kompleks, misalnya terowongan, bangunan yang berada di atas tanah lunak di atas rawa.

Semua mahasiswa diwajibkan mengikuti field trip untuk belajar menerapan teori dan perkembangan keilmuan serta teknologi di lapangan, baik terkait dengan pembangunan infrastruktur baru maupun manajemen/pengelolaan dan pemeliharaan infrastuktur eksisting yang bersifat interdisiplin dan multidisiplin

 4. MPA2L (Magister Pengelolaan Air dan Air Limbah) 
Program Magister Pengelolaan Air dan Air Limbah (MPA2L) Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu minat dari dan di bawah pengelolaan Program Studi S2 Teknik Sipil, Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Penyelenggaraan program S2 Magister Pengelolaan Air Minum dan Air Limbah (MPA2L) diinisiasi oleh kerjasama Fakultas Teknik UGM dengan Kementerian PUPR untuk pemenuhan kebutuhan SDM.

5. MSTB (Magister Sarana Prasarana dan Teknologi Bahan)
Program studi S2 Teknik Sipil Minat MTSB merupakan peningkatan dari dua konsentrasi studi yang telah berjalan sejak tahun 2003 di bawah pengelolaan Program Studi S2 Teknik Sipil, yaitu Program Magister Pengelolaan Sarana Prasarana (MPSP) dan Program Magister Teknologi Bahan Bangunan (MTBB). Khusus untuk program MTBB sejak tahun 2005 telah bekerja sama dalam pendidikan dengan PUSBIKTEK Departemen Pekerjaan Umum.
B. KURIKULUM

Program Magister Teknik Sipil Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM direncanakan dapat ditempuh dalam waktu 4 semester atau 24 bulan. Sebagai syarat kelulusan mahasiswa harus:

  1. Mengumpulkan minimum 34 SKS ( menempuh semua mata kuliah wajib minat) dari mata kuliah yang ditawarkan dengan Indek Prestasi minimum 3,00 tanpa nilai D dan E.
  2. Menyusun tesis dan lulus ujian tesis yang berbobot 8 SKS.
C. GELAR

Lulusan Progam S2 Teknik Sipil UGM memperoleh gelar Master of Engineering (M.Eng)

D. MATA KULIAH
D.1. MINAT STUDI GEOTEKNIK
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS SIFAT
BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS
Semester 1
1 TKSA176101 Statistika Teknik Engineering Statistics 3 P/W
2 TKSA176102 Metodologi Penelitian Research Metodology 3 P/W
3 TKSA176103 Metode Numerik Lanjut Advanced Numerical Methods 3 P/W
4 TKSA176104 Mekanika Kontinum Continuum Mechanics 3 P/W
5 TKSA176105 Mekanika Tanah Lanjut Advanced Soil Mechanics 3 M/W
Semester 2
1 TKSA176201 Manajemen Infrastruktur Infrastructure Management 3 P/W
2 TKSA176202 Topik Spesial  Special Topics 4 P/W
3 TKSA176203 Metode Elemen Hingga untuk Geoteknik Finite Element Method for Geotechnic 2 M/W
4 TKSA176204 Teknik Fondasi Lanjut Advanced Foundation Engineering 2 M/W
5 TKSA176205 Analisis Dinamika Tanah Soil Dynamic Analysis 2 M/W
6 TKSA176206 Aplikasi Mekanika Batuan dan Terowongan Applied Rock Mechanics and Tunneling 2 M/W
7 TKSA176207 Stabilitas Galian Stability of Excavation 2 M/P
8 TKSA176208 Aliran Air dalam Media Berpori Water Flow in Porous Media 2 M/P
Semester 3 
1 TKSA177101 Praktik Lapangan Fieldworks 2 P/W
2 TKSA177102 Geoteknik Bendungan Geotechnic for Dams 2 M/P
3 TKSA177103 Stabilitas Lereng Batuan Rock Slope Stability 2 M/P
4 TKSA177104 Geologi Teknik Engineering Geology 2 M/P
Semester 4
1 TKSA177201 Tesis Thesis 8 P/W
P/W : Mata Kuliah Prodi Wajib
M/W : Mata Kuliah Minat Wajib
M/P : Mata Kuliah Minat Pilihan 

D.2. MINAT STUDI TEKNIK KEAIRAN
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS SIFAT
BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS
Semester 1     
1 TKSA176101 Statistika Teknik Engineering Statistics 3 P/W
2 TKSA176102 Metodologi Penelitian Research Metodology 3 P/W
3 TKSA176103 Metode Numerik Lanjut Advanced Numerical Methods 3 P/W
4 TKSA176104 Mekanika Kontinum Continuum Mechanics 3 P/W
5 TKSA176106 Hidrologi Lanjut Advanced Hydrology 2 M/W
6 TKSA176107 Hidrodinamika Pantai Coastal Dynamics 2 M/W
Semester 2
1 TKSA176201 Manajemen Infrastruktur Infrastructure Management 3 P/W
2 TKSA176202 Topik Spesial  Special Topics 4 P/W
3 TKSA176209 Teknik Sumber Daya Air Water Resources Engineering 2 M/W
4 TKSA176210 Hidrodinamika Sungai River Dynamics 3 M/W
5 TKSA176211 Hidraulika Komputasi Computational Hydraulics 2 M/W
6 TKSA176212 Teknik Irigasi dan Drainasi Irrigation and Drainage Engineering 2 M/W
Semester 3
1 TKSA17710 1 Praktik Lapangan Fieldworks 2 P/W
Semester 4
1 TKSA177201 Tesis Thesis 8 P/W
P/W : Mata Kuliah Prodi Wajib
M/W : Mata Kuliah Minat Wajib
M/P : Mata Kuliah Minat Pilihan

D.3. MINAT STUDI TEKNIK STRUKTUR
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS SIFAT
BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS
Semester 1
1 TKSA176101 Statistika Teknik Engineering Statistics 3 P/W
2 TKSA176102 Metodologi Penelitian Research Metodology 3 P/W
3 TKSA176103 Metode Numerik Lanjut Advanced Numerical Methods 3 P/W
4 TKSA176104 Mekanika Kontinum Continuum Mechanics 3 P/W
5 TKSA176108 Struktur Baja Lanjut Advanced Steel Structures 2 M/W
6 TKSA176109 Analisis Dinamik Struktur Lanjut Advanced Structural Dynamic Analysis 2 M/W
Semester 2
1 TKSA176201 Manajemen Infrastruktur Infrastructure Management 3 P/W
2 TKSA176202 Topik Spesial  Special Topics 4 P/W
3 TKSA176213 Strktur Beton Lanjut Advanced Concrete Structures 3 M/W
4 TKSA176214 Struktur Kayu dan Bambu Lanjut Advanced Timber and Bamboo Structures 2 M/W
5 TKSA176215 Struktur Tahan Gempa Earthquake Resistance Structures 3 M/P
6 TKSA176216 Analisis Plastis Struktur Plastic Analysis of Structures 2 M/P
7 TKSA176217 Analisis Struktur Jembatan Bridge Structural Analysis 2 M/P
Semester 3
1 TKSA177101 Praktik Lapangan Fieldworks 2 P/W
2 TKSA177106 Metode Elemen Hingga Lanjut Advanced Finite Element Method 2 M/P
3 TKSA177107 Analisis Pelat dan Cangkang Plate and Shell Analysis 2 M/P
4 TKSA177108 Teknologi Beton Lanjut Advanced Concrete Technology 2 M/P
Semester 4
1 TKSA177201 Tesis Thesis 8 P/W
P/W : Mata Kuliah Prodi Wajib
M/W : Mata Kuliah Minat Wajib
M/P : Mata Kuliah Minat Pilihan 

D.4. MAGISTER SARANA PRASARANA DAN TEKNOLOGI BAHAN (MTSB)
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS SIFAT
BAHASA INDONESIA BAHASA INGGRIS
MATA KULIAH WAJIB (TBB, PSP, MPK)
Semester 1     
1 TKSA176101 Statistika Teknik Engineering Statistics 3 P/W
2 TKSA176102 Metodologi Penelitian Research Metodology 3 P/W
3 TKSA176103 Metode Numerik Lanjut Advanced Numerical Methods 3 P/W
4 TKSA176104 Mekanika Kontinum Continuum Mechanics 3 P/W
Semester 2
1 TKSA176201 Manajemen Infrastruktur Infrastructure Management 3 P/W
2 TKSA176202 Topik Spesial  Special Topics 4 P/W
Semester 3
1 TKSA177101 Praktik Lapangan Fieldworks 2 P/W
Semester 4
1 TKSA177201 Tesis Thesis 8 P/W
MATA KULIAH MINAT
TEKNOLOGI BAHAN BANGUNAN
Semester 1
1 TKSA176112 Durabilitas Bahan Material Durability 2 M/W
2 TKSA176113 Struktur Mikro Bahan, Material Pintar, Material Komposit Microstructure of Materials, Smart Materials, Composite Materials 2 M/W
Semester 2
3 TKSA176222 Perancangan & Fabrikasi Adukan Beton Concrete Mix Design and Fabrication 3 M/W
4 TKSA176223 Teknologi Kayu dan Bambu Bamboo and Wood Technology 2 M/W
5 TKSA176225 Bahan Lapis Keras Pavement Materials 2 M/P
6 TKSA176226 Beton Khusus  Non-Ordinary Concrete 2 M/P
7 TKSA177109 Teknologi Metal dan Alloy Metal and Alloy Technology 2 M/P
PENGELOLAAN SARANA PRASARANA
Semester 1
1 TKSA176114 Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Building Maintenance and Preservation 2 M/W
2 TKSA176115 Sistem Manajemen Jembatan Bridge Management System 2 M/W
Semester 2
3 TKSA176227 Teknik Forensik Forensic Engineering 3 M/W
4 TKSA176228 Sistem Manajemen Perkerasan Pavement Management System 2 M/W
5 TKSA176229 Evaluasi & Rehabilitasi Bangunan Keairan & Lepas Pantai Assesment and Rehabilitation of Hydraulic and Offshore Structures 2 M/P
6 TKSA176230 Aspek Geoteknik dalam Manajemen Infrastruktur Geotechnical Aspect for Infrastructure Management 2 M/P
7 TKSA176231 Monitoring dan Instrumentasi Monitoring & Instrumentation 2 M/P
MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI
Semester 1
1 TKSA176116 Aspek Hukum Kontrak Konstruksi Construction Law Aspect 3 M/W
2 TKSA176117 Perencanaan dan Monitoring Proyek Project Planning and Monitoring 2 M/W
Semester 2
3 TKSA176232 Aplikasi Komputer dalam Manajemen Konstruksi Computer Application in Construction Management 2 M/W
4 TKSA176233 Manajemen Aset Aset Management 2 M/W
5 TKSA176234 Public-Private Partnership Public-Private Partnership 2 M/P
6 TKSA176235 Produktifitas Konstruksi Construction Productivity 2 M/P
7 TKSA176236 Metode Konstruksi dan Manajemen Alat Berat Construction Method and Heavy Equipment Management 2 M/P
P/W : Mata Kuliah Prodi Wajib
M/W : Mata Kuliah Minat Wajib
M/P : Mata Kuliah Minat Pilihan

D.5. MAGISTER PENGELOLAAN AIR DAN AIR LIMBAH (MPA2L)
NO KODE NAMA MATA KULIAH SKS SIFAT
BAHASA INDONESOA BAHASA INGGRIS
Semester 1
1 TKSA176101 Statistika Teknik Engineering Statistics 3 P/W
2 TKSA176102 Metodologi Penelitian Research Metodology 3 P/W
3 TKSA176103 Metode Numerik Lanjut Advanced Numerical Methods 3 P/W
4 TKSA176104 Mekanika Kontinum Continuum Mechanics 3 P/W
5 TKSA176110 Sistem Sanitasi, Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Sanitation System, Public & Environment Health 2 M/W
6 TKSA176111 Teknologi Konservasi Air Water Conservation Technology 2 M/W
Semester 2
1 TKSA176201 Manajemen Infrastruktur Infrastructure Management 3 P/W
2 TKSA176202 Topik Spesial  Special Topics 4 P/W
3 TKSA176218 Infrastruktur Pengelolaan Limbah Domestik Domestic Waste Water Management Infrastructures 2 M/W
4 TKSA176219 Infrastruktur Penyediaan Air Minum Drinking Water Supply Infrastructures 2 M/W
5 TKSA176220 Teknik Konservasi Kualitas Air dan Lingkungan Water Quality & Environment Conservation Technique 3 M/W
6 TKSA176221 Infrastruktur Pengelolaan Sampah Domestik Domestic Solid Waste Management Infrastructures 2 M/W
Semester 3
1 TKSA177101 Praktik Lapangan Fieldworks 2 P/W
Semester 4
1 TKSA177201 Tesis Thesis 8 P/W
P/W : Mata Kuliah Prodi Wajib
M/W : Mata Kuliah Minat Wajib
M/P : Mata Kuliah Minat Pilihan
PENERIMAAN MAHASISWA BARU

A. RAGAM SELEKSI
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana terdiri dari:
  1. Jalur Reguler Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri.
  1. Jalur Kerja sama Diperuntukkan bagi:
  1. Pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
  2. pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
  1. Jalur Pelamar Beasiswa Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/pihak pemberi beasiswa.
  1. Jalur Internasional Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
  1. Jalur Matrikulasi Pra Magister Diperuntukkan bagi pendaftar program matrikulasi pra magister.
  1. Jalur Berbasis Penelitian (by research) Diperuntukkan bagi pendaftar program Magister atau Doktor yang telah memiliki pengalaman penelitian dan publikasi sebelumnya, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian serta publikasi.
Untuk melakukan pendaftaran Program Pascasarjana, silakan membuat akun pendaftaran disini

B. SYARAT PENDAFTARAN
Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.
4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
450
TPDA PLTI
450
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
450
*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.
5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM
149
TOEP PLTI
27
International English Testing System (IELTS)
4.0
Internet-Based (iBT) TOEFL
30
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
400
*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini. Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.
6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus:
  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.
*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)
8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

C. PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
(1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
(2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
(3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
(4) Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi: *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini. *.pdf
(5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris: *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini. Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini. *.pdf
(6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
(8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(9) Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research) *.pdf
(10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun. Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
A. FORMULIR PERMOHONAN
Permohonan Dosen Pembimbing Tesis selengkapnya
Permohonan Seminar Proposal selengkapnya
Permohonan Seminar Hasil selengkapnya
Permohonan Ujian Tesis/Pendadaran selengkapnya
Permohonan Surat Pengantar Resmi Magang Magister Teknik Sipil selengkapnya
Permohonan Kerja Praktik/Magang selengkapnya
Permohonan Kunjungan Lapangan Dosen Pembimbing Magang/KP selengkapnya
Surat Keterangan Yudisium selengkapnya
Permohonan Yudisium selengkapnya
Reward Publikasi (Best Paper/Best Presenter/Best Poster) selengkapnya
B. DOKUMEN
Prosedur Pemeriksaan Similarity Index selemgkapnya
Prosedur Pendadaran dan Ujian Tertutup Luring selemgkapnya
Petunjuk Teknis Pelaksanaan UTS dan UAS Prodi Sarjana dan Magister selengkapnya
Buku Saku Kegiatan Luring Selama Pandemi Covid-19 selengkapnya