• Tentang UGM
  • Brand UGM
  • FT UGM
  •  Pusat TI
  • Riset
  • Perpustakaan
  • Simaster
  • Simeru
  • Informasi Publik
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • BERANDA
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Tentang Teknik Sipil
    • Visi dan Misi
    • Tujuan dan Sasaran
    • Sambutan Kadep
    • Advisory Board
    • Struktur Organisasi
    • Dosen
      • Profil Dosen
      • Buku Katalog Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Lokasi dan Alamat
  • PROGRAM STUDI
    • International Undergraduate Program (IUP)
    • Sarjana Teknik Sipil
    • Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL)
    • Sarjana Teknik Sumber Daya Air (TSDA)
    • Magister Teknik Sipil (MTS)
    • Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT)
    • Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam (MTPBA)
    • Doktor Teknik Sipil
  • KERJASAMA DAN PUBLIKASI
    • Kerjasama Dalam Negeri
    • Kerjasama Luar Negeri
    •  Pengabdian Kepada Masyarakat
    •  Publikasi
      • Publikasi Dosen Terindeks Scopus
      • Publikasi Dosen
    • Jurnal dan Prosiding
      • Simposium Nasional Teknologi Infrastruktur
      • Journal of Civil Engineering (JCEF)
      • Civil Engineering and Environmental Symposium (CEES)
      • International Conference SCESCM
    • Buku Ajar
  • LAYANAN
    • Laboratorium
    • Ruang Referensi
    • Departemen
      • Evaluasi CP Prodi
      • Layanan Fasilitas dan Aduan
      • Database DTSL
      • Formulir dan SOP
      • Informasi Pelatihan
      • Tata Tertib dan Peraturan
      • K4L
  • FASILITAS
    • Laboratorium
      • Lab. Transportasi
      • Lab. Struktur
      • Lab. Hidraulika
      • Lab. Mekanika Tanah
      • Lab. Bahan Bangunan
      • Lab. Penyehatan dan Lingkungan
      • Lab. Komputasi
    • Ruang Referensi
    • Ruangan
      • Ruang Kelas
      • Ruang Sidang
      • Ruang Alumni
      • Gedung Keluarga Mahasiswa
      • Ruang Diskusi
      • Ruang Bersantai
      • Area Kerja Bersama
    • Mushola
    • Kantin
    • Air Minum (SPAM)
    • Area Parkir
    • Foto-Foto Fasilitas
  • AKTIVITAS
    • MBKM
    • Kegiatan Kemahasiswaan
    • Organisasi Kemahasiswaan
    • KMTS
    • Prestasi Mahasiswa
  • ALUMNI
    • Tracer Studi
    • Kegiatan Alumni

Ujian Masuk Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

Info Akademik Jumat, 15 April 2016

A. Jadwal Kegiatan Ujian Masuk Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

Kegiatan Waktu Mulai Waktu Selesai
Pendaftaran online dan unggah dokumen yang disyaratkan 22 April  2016
(pukul 00.00 WIB)
15 Juni 2016
(pukul 23.59 WIB)
Pembayaran biaya pendaftaran 23 April  2016
(pukul 00.00 WIB)
17 Juni  2016
(pukul 23.59 WIB)
Penerimaan dokumen pendaftaran syarat khusus selain yang diupload 23 April 2016
(pada hari dan jam kerja)
20 Juni  2016
(pada hari dan jam kerja)
Verifikasi dokumen pendaftaran dan pelaksanaan tes substansi (apabila ada) oleh prodi 25 April  2016
(pada hari dan jam kerja)
20 Juni  2016
(pada hari dan jam kerja)
Pengumuman hasil seleksi 29 Juni 2016
Mulai kegiatan akademik 3 Agustus 2016

B. Ragam Jalur Seleksi Program Pascasarjana UGM T.A. 2016/2017

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana T.A. 2016/2017 melalui 3 (tiga) jalur, yaitu:

  1. Jalur Reguler
    Diperuntukkan bagi calon pelamar dengan biaya sendiri, calon pelamar dengan biaya dari instansi tempatnya bekerja, dan calon pelamar dari masyarakat umum yang sedang mengajukan beasiswa dari berbagai Kementerian di Republik Indonesia.
  2. Jalur Kerjasama
    Diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja di institusi mitra UGM dan biaya pendidikannya ditanggung oleh institusi tersebut, dibuktikan dengan adanya MoU yang masih berlaku.
  3. Jalur Internasional
    Diperuntukkan bagi Warga Negara Asing (WNA).

C. Syarat Pendaftar Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

Pendaftar yang memenuhi persyaratan di bawah ini, dapat melamar untuk menjadi peserta program magister dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Ketua Program Studi:

1. Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru.
2. Ijazah S1 atau DIV (khusus prodi tertentu; hubungi Program Studi untuk informasi lebih lanjut), atau foto copy ijazah yang telah dilegalisir.

  1. Surat Keterangan Lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
3. Transkrip nilai asli atau foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir, dengan IPK S1 sebagai berikut:

  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
4. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang pendidikan terakhir. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke DIKTI. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI.
Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
5. Sertifikat hasil Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat;
6. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Sertifikat kemampuan bahasa inggris yang diakui adalah:

  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen.
7. Surat Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh di sini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI.
8. Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit.
9. Syarat khusus:

  1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
  2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
10. Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini)

D. Prosedur Pendaftaran Program Pascasarjana Semester Gasal T.A. 2016/2017

  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi. Kontak program studi dapat dilihat di sini
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online di sini.
    • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
    • Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 200KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus berwarna dan dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
1 Pas foto berwarna terbaru, berpakaian dan berpose formal (wajah menghadap kamera) dengan latar belakang biru. *.jpg
2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal *.pdf
4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang terakhir (akreditasi saat ini) *.pdf
5 Sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) yang masih berlaku*) *.pdf
6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

  1. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
  2. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
  3. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
  4. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.
  5. Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi dosen
*.pdf
7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh di sini)
Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
*.pdf
8 Surat keterangan sehat dari dokter di Puskesmas atau Rumah Sakit. *.pdf
9 Syarat khusus:

  • Pelamar S2:
    1. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini)
    2. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
  • Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi dapat dilihat di laman website masing-masing prodi.
*.pdf
10 Surat ijin studi atau surat tugas dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf

4. Membayar biaya pendaftaran paling lambat 2 (dua) hari setelah proses penguncian data melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), atau BTN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di sini.
* Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun.

5. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

*) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

Sumber http://um.ugm.ac.id

 

 

Tim Cakrabuana DTSL UGM Meraih Juara II Bridge Build Competition

Prestasi Mahasiswa Selasa, 12 April 2016

Tim Cakrabuana Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT. UGM berhasil meraih Juara II dalam Bridge Build Competition “Kreatifitas Jembatan Karya Nusantara” 2016 yang berlangsung di Politeknik Negeri Jakarta, Kamis 24 Maret 2016. Kriteria penilaian meliputi : proposal, kekokohan, implementasi, berat struktur, inovasi, estetika, dan waktu pengerjaan model jembatan. Tim diwakili oleh Panji Ginaya Taufik (2013), Raka Agus Panuntun (2013), Dyah Nur Suci (2013).

Selain mendapat predikat Juara II, Tim Cakrabuana DTSL juga mendapat Juara Kategori Jembatan Terkokoh. Hal ini dicapai setelah model jembatan hasil rancangan mencapai berat teringan  dengan kemampuan menahan beban terbesar.

Selamat dan sukses.

Wisuda Program S1 dan D3 Periode Mei 2016

Info Akademik Senin, 11 April 2016

Diinformasikan kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, berikut adalah pengumuman terkait Rangkaian Acara Wisuda Program Sarjana dan Diploma periode Mei 2016:

1. Upacara Wisuda Periode III Tahun Akademik 2015/2016 akan diselenggarakan pada:

– Hari/Tanggal : Rabu/ 18 Mei 2016 untuk Program Sarjana

– Hari/Tanggal : Kamis/ 19 Mei 2016 untuk Program Diploma

2. Pendaftaran Wisuda/permintaan Username dan Password Wisuda dilayani mulai tanggal 1 – 25 April 2016

3. Pengumpulan form pendaftaran wisuda paling lambat tanggal 26 April 2016 di bagian Akademik, Gedung KPFT

Sumber http://ft.ugm.ac.id

Kunjungan dari Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

Kegiatan Kampus Senin, 11 April 2016

Pada Senin, 11 April 2016 DTSL menerima kunjungan dari dosen Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) yaitu :

  1. Dr Norashidah Binti Abd Rahman
  2. Dr Shahiron Bin Shahidan

Kunjungan dalam rangka pertukaran informasi akademik antara DTSL dan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

uthm-1

uthm-2

uthm-3

Tingkatkan Kualitas Pelayanan dengan Tips dari Veritrans di Friday Indepth KPFT UGM

Rilis Berita Kamis, 7 April 2016

160404_FI_VERITRANS_001Veritrans Indonesia adalah online payment gateway yang berfokus pada produk dan layanan terbaik untuk menciptakan pembayaran yang simple, reliable, dan secure. Deskripsi tersebut tentu menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan menjadi hal utama bagi Veritrans Indonesia.

Disadari atau tidak, hampir seluruh lowongan yang ada saat ini disediakan oleh perusahaan berbasis consumer focus. Bekerja di bidang ini memerlukan skill khusus yang mudah dilakukan jika kamu tahu kuncinya! Dengan tema Enhance Quality & Customer Focus, Diera Yosefina Hartono selaku Head of Community Management Veritrans Indonesia akan berbagi tips dan trik agar jalan karirmu lancar.
Buat kamu para mahasiswa dan jobseeker, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Yuk gabung di Friday Indepth!

Hari, tanggal : Jumat, 8 April 2016
Waktu : Pukul 08.00-11.30 WIB
Tempat : Ruang Sidang 2.1 KPFT UGM, Jl. Grafika No. 2, Yogyakarta

Kamu bisa tanya jawab dan mendapatkan gambaran dunia pelayanan jasa yang komplit pada hari tersebut.

Dapatkan pula souvenir menarik dari ECC jika kamu berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung.
Event ini terbuka untuk SEMUA, GRATIS!
Sudah siap mendaftar? Yuk klik

http://careernews.id/event/view/3888Tingkatkan-Kualitas-Pelayanan-dengan-Tips-dari-Veritrans-di-Friday-Indepth dan ajak pula temanmu agar semakin seru!

Sumber http://ft.ugm.ac.id

Kunjungan Siswa SMA Negeri 81 Jakarta

Kegiatan Kampus Kamis, 7 April 2016

Departmen Teknik Sipil dan Lingkungan menerima kunjungan dari siswa-siswi SMA Negeri 81 Jakarta pada Kamis, 7 April 2016. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan memperoleh informasi tentang perguruan tinggi. Para siswa bertemu dengan Pengurus DTSL dan mengunjungi beberapa fasilitas antara lain laboratorium-laboratorium di Teknik Sipil dan Lingkungan

sma1

sma2

 

Pelatihan Pembuatan Website Dosen di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan

Pelatihan DTSL Kamis, 7 April 2016

Pelatihan pembuatan website dosen DTSL dilaksanakan pada Kamis, 31 Maret 2016 di Ruang Sidang Biru Gedung Teknik Sipil dan Lingkungan Lantai III. Pelatihan ini dipandu oleh salah satu dosen DTSL yaitu Pak Istiarto, yang bertujuan memberikan bimbingan bagi dosen-dosen di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan untuk mempunya website pribadi. Dengan website tersebut, masing-masing dosen dapat mempublish profile dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan kampus atau kegiatan lainnya.

Formulir Forum Group Alumni Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM

Info Akademik Senin, 4 April 2016

Civil Engineering Alumni Network

Untuk pembuatan database  silahkan bagi para alumni untuk mengisi form isian terlampir.
Form yang sudah diisi dapat dikirimkan datanya via email ke dtsl.ftugm@gmail.com dengan dilampiri scan ijasah yang menyatakan bahwa saudara/i adalah alumni Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, FT UGM.

Formulir dapat di download pada link berikut [download]

Terima kasih.

Jadwal Ujian Tengah Semester Genap Prodi S2 Teknik Sipil

Info Akademik Jumat, 1 April 2016

Jadwal-UTS-S2-2016

Jadwal Ujian Tengah Semester Genap MSTT Angkatan XXVIII

Info Akademik Kamis, 31 Maret 2016

UTS-MSTT-OK

1…6263646566
Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan
Fakultas Teknik UGM
Jl. Grafika Kampus No.2, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55284
Email: tsipil.ft@ugm.ac.id

Program Studi

  • Sarjana Teknik Sipil
  • Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan
  • Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT)
  • Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam (MTPBA)
  • Magister Teknik Sipil (MTS)
  • Doktor Teknik Sipil

Laboratorium

  • Lab. Komputasi
  • Lab. Hidro
  • Lab. Transportasi
  • Lab. Mekanika Tanah
  • Lab. Teknik Penyehatan
  • Lab. Bahan Bangunan
  • Lab. Struktur

Tautan

  • Panduan Layanan IT
  • Alumni DTSL
  • Peta Kampus

© 2017 DTSL FT UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY