• Tentang UGM
  • Brand UGM
  • FT UGM
  •  Pusat TI
  • Riset
  • Perpustakaan
  • Simaster
  • Simeru
  • Informasi Publik
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL DAN LINGKUNGAN
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • BERANDA
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Tentang Teknik Sipil
    • Visi dan Misi
    • Tujuan dan Sasaran
    • Sambutan Kadep
    • Advisory Board
    • Struktur Organisasi
    • Dosen
      • Profil Dosen
      • Buku Katalog Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Lokasi dan Alamat
  • PROGRAM STUDI
    • International Undergraduate Program (IUP)
    • Sarjana Teknik Sipil
    • Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL)
    • Sarjana Teknik Sumber Daya Air (TSDA)
    • Magister Teknik Sipil (MTS)
    • Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT)
    • Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam (MTPBA)
    • Doktor Teknik Sipil
  • KERJASAMA DAN PUBLIKASI
    • Kerjasama Dalam Negeri
    • Kerjasama Luar Negeri
    •  Pengabdian Kepada Masyarakat
    •  Publikasi
      • Publikasi Dosen Terindeks Scopus
      • Publikasi Dosen
    • Jurnal dan Prosiding
      • Simposium Nasional Teknologi Infrastruktur
      • Journal of Civil Engineering (JCEF)
      • Civil Engineering and Environmental Symposium (CEES)
      • International Conference SCESCM
    • Buku Ajar
  • LAYANAN
    • Laboratorium
    • Ruang Referensi
    • Departemen
      • Evaluasi CP Prodi
      • Layanan Fasilitas dan Aduan
      • Database DTSL
      • Formulir dan SOP
      • Informasi Pelatihan
      • Tata Tertib dan Peraturan
      • K4L
  • FASILITAS
    • Laboratorium
      • Lab. Transportasi
      • Lab. Struktur
      • Lab. Hidraulika
      • Lab. Mekanika Tanah
      • Lab. Bahan Bangunan
      • Lab. Penyehatan dan Lingkungan
      • Lab. Komputasi
    • Ruang Referensi
    • Ruangan
      • Ruang Kelas
      • Ruang Sidang
      • Ruang Alumni
      • Gedung Keluarga Mahasiswa
      • Ruang Diskusi
      • Ruang Bersantai
      • Area Kerja Bersama
    • Mushola
    • Kantin
    • Air Minum (SPAM)
    • Area Parkir
    • Foto-Foto Fasilitas
  • AKTIVITAS
    • MBKM
    • Kegiatan Kemahasiswaan
    • Organisasi Kemahasiswaan
    • KMTS
    • Prestasi Mahasiswa
  • ALUMNI
    • Tracer Studi
    • Kegiatan Alumni
  • Beranda
  • Kurikulum
  • Mata Kuliah Teknik Jalan Rel

Mata Kuliah Teknik Jalan Rel

  • 31 Agustus 2017, 10.11
  • Oleh: admin
  • 0
Kode Mata Kuliah/SKS : TKS2210/2.0
Semester : IV
Dosen Koordinator : Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D.
Pustaka :
  1. Peraturan Perundangan tentang Perkeretaapian yang berlaku
  2. Bernhard, Lichtberger, 2005, Track Compendium, Eurailpress, Tetzlaff, Hestra GmbH & Co. KG.
  3. Hay, W.W., 1983, Railroad Engineering, 2nd Edision, John Wiley & Sons, New York
  4. Coenraad, Esveld, 2001, Modern Railway Track, TU Delft, Netherlands
  5. Utomo, S.H.T., 2004, Jalan Rel, Beta Offset, Yogyakarta
Informasi mata kuliah
Deskripsi Singkat :

Kuliah ini berisi tentang peranan dan karakteristik perkeretaapian; perkembangan teknologi sarana dan prasarana angkutan KA; jenis dan fungsi komponen jalan rel; klasifikasi Jalur KA; persyaratan teknis jalur KA; jenis,  klasifikasi dan kegiatan di  Stasiun KA, Gaya yang bekerja pada track, Kebutuhan Ruang jalur KA (ROW Plan),Konsep dasar perencanaan dan perancangan trase Jalur KA ; Perancangan geometrik jalur KA yang meliputi: alinemen  horizontal dan vertikal. Perancangan stasiun dan emplasemen serta wesel dan persilangan dengan jalan. Analisis traksi kereta api, kapasitas lintas, sistem persinyalan dan telekomunikasi; Pengenalan Gapeka; Peraturan perundangan dan Kebijakan yang terkait dengan pengembangan perkeretaapian nasional, sistem operasi dan keselamatan KA serta Pengenalan dampak lingkungan akibat operasional KA.

Mata Kuliah Prasyarat : Tidak ada
Wajib/Pilihan : Wajib
Praktik Studio : Tidak ada
Praktikum : Tidak ada
Tujuan spesifik mata kuliah
Tujuan :

Mahasiswa mampu memahami peranan angkutan KA dalam sistem transportasi Nasional, perkembangan teknologi perkeretaapian; mampu merencanakan dan merancang jalur KA, stasiun dan emplasemen serta sistem operasi angkutan KA.

Capaian Pembelajaran : b)     Memiliki kemampuan dalam merancang dan melakukan penelitian, serta menganalisis dan menginterpretasi data.

c)     Kemampuan untuk merancang suatu sistem, komponen, atau proses sesuai dengan kebutuhan dalam kendala-kendala yang realistis, seperti ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etis, kesehatan dan keselamatan, manufakturabilitas, dan keberkelanjutan.

Topik yang dibahas :
  1. Perkembangan teknologi perkeretaapian untuk angkutan penumpang dan barang
  2. Peran angkutan kereta api dalam sistem transportasi nasional
  3. Peraturan perundangan terkait dengan angkutan jalur KA
  4. Konstruksi jalur KA
  5. Alinemen horizontal dan vertikal pada perancangan geometrik jalur KA
  6. Tanah dasar dan badan jalan, serta drainase jalur KA
  7. Perencanaan dan perancangan jalur KA
  8. Perancangan dan pemilihan trase terbaik
  9. Perencanaan stasiun dan emplasemen KA
  10. Sistem operasi perkeretaapian
  11. Manajemen keselamatan angkutan kereta api
Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan
Fakultas Teknik UGM
Jl. Grafika Kampus No.2, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55284
Email: tsipil.ft@ugm.ac.id

Program Studi

  • Sarjana Teknik Sipil
  • Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan
  • Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT)
  • Magister Teknik Pengelolaan Bencana Alam (MTPBA)
  • Magister Teknik Sipil (MTS)
  • Doktor Teknik Sipil

Laboratorium

  • Lab. Komputasi
  • Lab. Hidro
  • Lab. Transportasi
  • Lab. Mekanika Tanah
  • Lab. Teknik Penyehatan
  • Lab. Bahan Bangunan
  • Lab. Struktur

Tautan

  • Panduan Layanan IT
  • Alumni DTSL
  • Peta Kampus

© 2017 DTSL FT UGM

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY