Gedung KMTS

Gedung Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) FT UGM merupakan pusat kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS), Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL), Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Gedung ini terbangun berkat donasi dari Keluarga Alumni Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (KATSGAMA) serta sinergi yang baik antara alumni dan mahasiswa. Bagaimanapun juga untuk mendorong keberhasilan para mahasiswa membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya para orangtua atau guru saja, alumni juga memberi pengaruh yang cukup besar. Harmonisasi hubungan antara alumni dan mahasiswa benar-benar tercermin dengan keberhasilan membangun gedung ini.

Gedung ini dibangun dengan menggunakan teknologi beton pracetak/prekes. Ini sejalan dengan keinginan pemerintah, untuk mendorong
pembangunan gedung dengan menggunakan komponen-komponen beton pracetak. Penggunaan precast ini sangat mendukung program-program pemerintah untuk mengejar pembangunan infrastruktur, dalam waktu yang relatif lebih cepat. Tidak hanya masalah waktu, penggunaan beton pracetak ini juga lebih berwawasan lingkungan dibanding dengan pembangunan secara konvensional/monolit. Membangun Gedung KMTS, dengan menggunakan prekes tentu memiliki makna tersendiri. Disamping lebih memperkenalkan prekes ini ke perguruan tinggi, juga memacu kalangan akademisi untuk terus mengembangkan teknologi ini. Harapannya, tentu saja agar kalangan universitas bisa lebih mendorong penggunaan beton pracetak, sekaligus melakukan riset-riset untuk kemajuan teknologi ini.