Akademik
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran pada Prodi Sarjana TIL DTSL FT UGM memiliki tujuan agar lulusannya dapat:
- Menguasai ilmu dasar hingga kemampuan profesional untuk perencanaan, perancangan, pelaksanaan/pembangungan, operasional, pengawasan dan pemeliharaan, pengkajian ilmiah dalam pengembangan Infrastruktur Lingkungan terutama pada bidang: penyediaan air minum, penanganan air limbah, persampahan, drainase, pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
- Mampu berperan nyata dalam berinovasi untuk penyelesaian persoalan kesehatan manusia dan lingkungan pada lingkungan terbangun (Built Environment) dengan mempertimbangkan aspek keteknikan, ekonomi, lingkungan, sosial, standar dan etika profesi serta kearifan lokal.
- Mempunyai kemampuan dalam hal kepemimpinan, komunikasi dan kerjasama tim dan penguasaan minimal satu jenis bahasa internasional yang baik serta berwawasan global.
- Memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dalam era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.
B. CAPAIAN LULUSAN
Kualifikasi lulusan adalah sarjana atau setara dengan bachelor dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan baik dalam pengolahan air minum, air limbah, persampahan, drainase, maupun pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
Kompetensi lulusan Prodi Sarjana TIL telah dipetakan berdasarkan profil lulusan. Lulusan Prodi Sarjana TIL DTSL FT UGM mempunyai keleluasaan untuk memilih jalur profesinya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Beberapa bidang profesi yang dapat dimasuki oleh Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan antara lain:
- Professional
Lulusan Prodi Sarjana TIL disiapkan untuk menjadi professional dalam pembangunan infrastruktur lingkungan, baik sebagai engineer, manajer, dalam perencanaan, perancangan, pembangunan, operasi dan pemeliharaan, maupun bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Lulusan Prodi Sarjana TIL selain memiliki kompetensi keinsinyuran TIL juga disiapkan dengan hard skills dan soft skills yang unggul dijiwai oleh nilai-nilai ke-UGM an dan kearifan lokal. - Akademisi
Lulusan yang berkecimpung dalam dunia akademisi yang diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelesaian masalah air minum, air limbah, persampahan, dan drainase, maupun pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan; mampu menyebarluaskan hasil dari praktek-praktek penyelesaian masalah secara ilmiah dengan komunikasi ilmiah secara lisan dan tertulis; serta mampu melakukan pendekatan kreatif dan inovatif dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. - Instansi Pemerintahan dan Daerah
Lulusan yang berkecimpung dalam instansi pemerintahan pusat maupun daerah yang diharapkan memiliki kemampuan untuk menyiapkan dan menelaah materi peraturan dan kebijakan dalam bidang air minum, air limbah dan persampahan; mampu merancang program penyehatan lingkungan / masyarakat; mampu mengendalikan pelaksanaan program air minum, air limbah, persampahan dan drainase; memiliki kemampuan komunikasi publik; serta mampu melakukan pendekatan berbasis masyarakat. - Nongovernmental Organization (NGO)
Lulusan yang berkecimpung dalam dunia Nongovernmental Organization (NGO) diharapkan memiliki kemampuan untuk menerapkan mata-ajar komunikasi yang berkaitan dengan Teknik Infra Struktur Lingkungan sebagai perwakilan dari komunitas masyarakat; mampu menelaah kebijakan publik, globalisasi, kepemimpinan, kerjasama, dan tangung jawab etika terhadap bidang kemasyarakatan yang berkaitan dengan infrastruktur lingkungan.
C. KOMPETENSI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN TEKNIK INFRASTRUKTUR LINGKUNGAN
SIKAP
S.1 | Mampu bekerjasama dengan baik dalam tim multidisiplin |
S.2 | Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan, tanggung jawab dan etika profesi dalam bidang teknik sipil. |
S.3 | Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik secara tulisan dan lisan dan didukung dengan penguasaan minimal 1 bahasa internasional |
S.4 | Memiliki kemauan dan kemampuan untuk pengembangan diri dan pembelajaran menerus dalam profesi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan. |
S.5 | Mampu berfikir kreatif dan inovatif |
PENGETAHUAN
P.1 | Mampu mengaplikasikan matematika, sains, teknologi dalam kegiatan perancangan dan pembangunan (konstruksi) infrastruktur lingkungan. |
P.2 | Mempunyai pemahaman yang tinggi pada aspek fisik dan proses dari infrastruktur lingkungan bidang jaringan dan pengolahan air dan air limbah, drainase dan persampahan |
P.3 | Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah infrastruktur lingkungan dengan mempertimbangkan potensi pemanfaatan sumber daya lokal. |
P.4 | Mampu melakukan kajian/penelitian, analisis dan interprestasi data untuk keperluan perancangan dan pembangunan (konstruksi) infrastruktur lingkungan. |
KETRAMPILAN UMUM
KU.1 | Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengaplikasikan teknologi dan perangkat lunak terkini dalam bidang teknik infrastruktur lingkungan. |
KU.2 | Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang infrastruktur lingkungan. |
KETRAMPILAN KHUSUS
KK.1 | Mampu merancang sistem dan Teknik Infrastruktur Lingkungan sesuai kebutuhan. |
KK.2 | Memahami tata cara operasional, monitoring dan maintenance dari infrastruktur lingkungan. |
E. KURIKULUM
Rancangan kurikulum, silabus dan pembelajaran prodi Baru TIL sejak awal telah mengacu pada capaian pembelajaran (CP) dengan fondasi ilmu dasar yang kuat serta dilandasi dengan nilai khas ke UGM-an (karakter). Pendekatan tersebut mengacu pada kriteria ABET untuk program engineering. Kurikulum tersebut juga disusun relevan dengan perkembangan jaman dan permasalahan lingkungan baik secara nasional maupun dalam konteks sasaran pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) sehingga akan tetap aktual dengan kebutuhan bangsa maupun pengembangan keilmuan saat ini dan di masa depan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Prodi Sarjana TIL DTSL FT UGM ditetapkan mengacu pada kriteria ABET (ABET Learning Outcomes/LO) sebagai berikut:
- Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan matematika, sains, teknologi dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan.
- Memiliki kemampuan dalam merancang dan melakukan penelitian, serta menganalisis dan menginterpretasikan data dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan.
- Memiliki kemampuan merancang sistem dan infrastruktur teknik lingkungan sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti kendala ekonomi, lingkungan, kesehatan dan keamanan.
- Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin.
- Memiliki kemampuan mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan permasalahan bidang air bersih, air limbah, drainase dan persampahan dengan mempertimbangkan potensi pemanfaatan sumber daya lokal.
- Memiliki pemahaman kepemimpinan, tanggung jawab dan etika profesi dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
- Memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang dampak dilaksanakannya pembangunan infrastruktur lingkungan terhadap aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.
- Memiliki kemauan dan kemampuan untuk pengembangan diri dan pembelajaran manusia.
Memiliki pengetahuan tentang perkembangan isu-isu terkini dalam bidang air bersih, air limbah, drainase dan persampahan. - Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengaplikasikan teknologi dan piranti lunak terkini dalam bidang infrastruktur teknik lingkungan.
Pengelompokan Mata Kuliah Berdasarkan Capaian Pembelajaran yang Diharapkan
Muatan Kurikulum | SKS | % | ABET LO |
Matematika & Sains Dasar | 32 | 22% | a |
Nilai-nilai ke UGM an | 13 | 9% | h, i, j |
Teori dasar Teknik Lingkungan | 18 | 13% | d, e, f, h |
Perencanaan & Perancangan | 16 | 11% | a, b, c |
Praktikum/Penelitian | 13 | 9% | a, b |
Sistem Sanitasi Lingkungan | 9 | 6% | b, c, e |
Pemodelan | 3 | 2% | a, b, c |
Infrastruktur ke Teknik Sipil-an | 26 | 18% | b, c, h, k |
Wawasan lingkungan, issue global, nasional, kearifan lokal dan actual | 4 | 3% | d, f, g, h |
Pengayaan pengetahuan lintas prodi | 10 | 7% | d, h |
Jumlah | 144 | 100% |
DAFTAR MATA KULIAH SEMESTER I s.d. VIII
Matakuliah Semester I
NO. | MATA KULIAH | SKS | |
1 | Pancasila* | 2 | W |
2 | Kewarganegaraan* | 2 | W |
3 | Fisika Dasar untuk Teknik Sipil** | 3 | W |
4 | Kimia Dasar | 3 | W |
5 | Kalkulus I** | 4 | W |
6 | Struktur dan Gambar Bangunan | 2 | W |
7 | Geomatika dan SIG** | 2 | W |
8 | Statistika Lingkungan | 2 | W |
Jumlah total SKS | 20 |
Matakuliah Semester II
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Agama* | 2 | W |
2 | Kalkulus II** | 4 | W |
3 | Konsep Keteknikan Untuk Peradaban* | 2 | W |
4 | Kimia Lingkungan | 3 | W |
5 | Fisika Aplikasi | 3 | W |
6 | Mekanika Fluida** | 3 | W |
7 | Pengantar Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan | 2 | W |
8 | Dasar-dasar Mikrobiologi | 2 | W |
Jumlah total SKS | 21 |
Matakuliah Semester III
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Persamaan Diferensial** | 3 | W |
2 | Proses Fisik-Kimia | 3 | W |
3 | Statika I** | 3 | W |
4 | Kewirausahaan dan Life Skill* | 2 | W |
5 | Mekanika Tanah I** | 2 | W |
6 | Bahan Bangunan dan Dasar-Dasar Teknologi Beton** | 3 | W |
7 | Pengantar Penelitian | 2 | W |
8 | Proses Biologis | 3 | W |
Jumlah total SKS | 21 |
Matakuliah Semester IV
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Pemodelan dan Pemrograman Komputer | 3 | W |
2 | Manajemen Sumberdaya Air** | 2 | W |
3 | Metode Numerik I** | 3 | W |
4 | Eco-engineering | 4 | W |
5 | Hidraulika Perpipaan dan Saluran Terbuka | 3 | W |
6 | Teknik Fondasi Dangkal** | 2 | W |
7 | Hidrologi Perkotaan | 2 | W |
Jumlah total SKS | 19 |
Matakuliah Semester V
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Struktur Beton Bertulang I** | 3 | W |
2 | Transfer Polutan | 3 | W |
3 | Plumbing dan Instrumentasi | 2 | W |
4 | Perancangan Sistem dan Infrastruktur Penyediaan Air Minum | 4 | W |
5 | Perancangan Sistem dan Infrastruktur Air Limbah | 4 | W |
6 | Praktikum Pengolahan Air dan Air Limbah | 3 | W |
Jumlah total SKS | 19 |
Matakuliah Semester VI
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Pengantar Manajemen Konstruksi** | 2 | W |
2 | Sistem Manajemen Lingkungan | 2 | W |
3 | Ekonomi Teknik** | 2 | W |
4 | Perancangan Sistem dan Infrastruktur Persampahan | 4 | W |
5 | Perancangan Sistem dan Infrastruktur Drainase Perkotaan | 4 | W |
6 | Penelitian Lingkungan | 4 | W |
7 | Geo-hidrologi dan Hidro-geologi | 3 | W |
Jumlah total sks | 21 |
Matakuliah Semester VII
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Kuliah Kerja Nyata* | 3 | W |
2 | Kerja Praktek | 4 | W |
3 | MK Pilihan | 8 | P |
Jumlah total SKS | 15 |
Matakuliah Semester VIII
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Tugas Akhir (Perancangan Infrastruktur Lingkungan) | 6 | W |
2 | MK Pilihan | 2 | P |
Jumlah total SKS | 8 |
*matakuliah UGM
**matakuliah Prodi S1 Teknik Sipil DTSL FT UGM
Pembagian mata kuliah skema merdeka belajar:
: | Mata kuliah di prodi TIL | |
: | Mata kuliah dapat diambil di prodi lain di UGM | |
: | Mata kuliah dapat diambil di luar UGM |
Matakuliah Pilihan
NO. | MATAKULIAH | SKS | |
1 | Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat | 2 | P |
2 | Pencemaran Tanah dan Remediasi | 2 | P |
3 | Konservasi Air | 2 | P |
4 | Toksikologi Lingkungan | 2 | P |
5 | Pemantauan dan Instrumentasi | 2 | P |
6 | Teknologi Pengendalian Pencemaran Udara | 2 | P |
7 | Manajemen Kualitas Air | 2 | P |
8 | Sistem Sanitasi Tepat Guna | 2 | P |
9 | Manajemen Infrastruktur | 2 | P |
10 | Pengembangan Kepemimpinan | 2 | P |
11 | Pengembangan Kreatifitas | 2 | P |
12 | Rekayasa Sosial | 2 | P |
Matakuliah pilihan ditawarkan/diselenggarakan setiap semester (semester gasal dan genap).
Proporsi Mata Kuliah
Jenis Mata Kuliah | Jumlah SKS | Persentase |
Perkuliahan | 107,5 | 74,7% |
Praktikum | 26,5 | 18,4% |
TOTAL MK Wajib | 134 | |
Pilihan | 10* | 6,9% |
TOTAL MK | 144 |
Skema Belajar “Merdeka” Prodi Sarjana TIL
F. DOSEN
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada memiliki total 63 dosen atau tenaga pendidik yang 3 diantaranya telah memasuki masa pensiun dan menjadi pegawai honorer. Terdapat 7 dosen atau tenaga pendidik yang memiliki kompetensi di bidang lingkungan yaitu:
- Dr. Ir. Sri Puji Saraswati, M.Sc.,
- Dr. Ir. Budi Kamulyan, M.Eng.,
- Ir. Intan Supraba, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
- Johan Syafri Mahatir Ahmad, S.T., M.Eng., Ph.D.
- Ni Nyoman Nepi Marleni, S.T., M.Sc., Ph.D.
- Nurul Alvia Istiqomah, S.T., M.Sc.