A. LATAR BELAKANG
Pendirian Program Studi Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL) di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada sesuai SK BAN PT no.995/BAN-PT/LL/2021 dan SK Rektor UGM no. 926/UN1.P/KPT/HUKOR/2021 serta didorong oleh faktor eksternal dan internal sebagai berikut:

1. FAKTOR EKSTERNAL
    • Pemerintah Indonesia meluncurkan gerakan 100-0-100 (100% akses air minum – 0% luas kawasan kumuh perkotaan – 100% akses sanitasi).
    • Pemenuhan target Sustainable Development Goals khususnya tujuan nomor 3, 6, 11, 13 dan 15 mengharuskan pengembangan infrastruktur air minum, sanitasi, drainase dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.
    • Adanya isu-isu lingkungan di Indonesia seperti permasalahan banjir, pencemaran sungai, pemanasan global, dan permasalahan sampah. Indonesia penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak kedua setelah China. Untuk itu pembenahan manajemen pengelolaan dan dukungan infrastruktur sangat diperlukan.
    • Proyeksi berdasarakan BAU (Business as Usual) menunjukkan masih akan ada 70 juta orang tanpa akses air minum yang layak jika skenario percepatan pembangunan akses tidak dilakukan (intervention scenario).
    • Kebutuhan lulusan bidang infrastruktur lingkungan masih tinggi sementara program studi Teknik infrastruktur lingkungan masih terbatas. Mengingat pembangunan ke depan akan semakin memerlukan pemenuhan infrastruktur lingkungan, kebutuhan SDM bidang infrastruktur lingkungan akan terus meningkat.
2. FAKTOR INTERNAL
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan FT UGM telah memiliki rekam jejak yang panjang dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang infrastruktur lingkungan.
    • Pendirian Prodi Sarjana TIL sudah tercantum dalam Rencana Induk Akademik (RIA) Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) yang dikembangkan dengan pendekatan problem-solver untuk menyelesaikan masalah infrastruktur lingkungan, terutama: pemenuhan air minum, pengelolaan sampah dan air limbah, pengelolaan drainase, serta pengelolan permasalahan lingkungan lainnya.
    • Penyelesaian permasalahan lingkungan telah menjadi bagian dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan sebagai tempat untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi dosen dan mahasiswa Teknik Sipil.
    • Untuk menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur harus dilandasi dengan pemikiran aspek lingkungan secara holistik dan komprehensif berdasar pendekatan pembangunan lingkungan berkelanjutan.
    • DTSL memiliki banyak guru besar, dan seluruh dosen yang akan mengajar di prodi teknik infrastruktur lingkungan berkualifikasi S3.
    • Kerjasama internasional juga telah dilakukan dengan perguruan tinggi kelas dunia dari Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa.
B. VISI
Prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM memiliki visi:
  • Menjadi institusi pendidikan tinggi di bidang teknik sipil yang bertaraf internasional dan menghasilkan lulusan yang andal dan bermoral, profesional, berkompeten, dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat.
  • Menjadi landasan dalam pengembangan visi Prodi Sarjana TIL, yaitu “Menjadi program studi berkelas dunia yang menghasilkan lulusan unggul dalam pengembangan infrastruktur lingkungan”.
  • Berbasis kerakyatan dan kearifan lokal yang mengedepankan sumber daya manusia dan sumber daya alamnya
  • Menghidupkan ide-ide cemerlang, bekerja dan menghasilkan karya yang memberikan manfaat bagi kesejahteraaan masyarakat dengan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana dan berkelanjutan.
C. MISI

Prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM memiliki misi:

  • Menghasilkan lulusan yang berintegritas, profesional, kreatif, bermoral dan mampu beradaptasi serta tanggap terhadap lingkungan
  • Menghasilkan lulusan yang berwawasan ketekniksipilan serta siap berkiprah dalam pembangunan infrastruktur penyediaan air minum, pengelolaan sanitasi lingkungan (pengelolaan air limbah dan sampah), drainase, serta pengendalian pencemaran udara dan permasalahan lingkungan lainnya di Indonesia dan siap berkompetisi di tingkat dunia.

D. PENGELOLA DAN STAFF

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran pada Prodi Sarjana TIL DTSL FT UGM memiliki tujuan agar lulusannya dapat:
  • Menguasai ilmu dasar hingga kemampuan profesional untuk perencanaan, perancangan, pelaksanaan/pembangungan, operasional, pengawasan dan pemeliharaan, pengkajian ilmiah dalam pengembangan Infrastruktur Lingkungan terutama pada bidang: penyediaan air minum, penanganan air limbah, persampahan, drainase, pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.
  • Mampu berperan nyata dalam berinovasi untuk penyelesaian persoalan kesehatan manusia dan lingkungan pada lingkungan terbangun (Built Environment) dengan mempertimbangkan aspek keteknikan, ekonomi, lingkungan, sosial, standar dan etika profesi serta kearifan lokal.
  • Mempunyai kemampuan dalam hal kepemimpinan, komunikasi dan kerjasama tim dan penguasaan minimal satu jenis bahasa internasional yang baik serta berwawasan global.
  • Memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan dalam era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.
B. CAPAIAN LULUSAN
Kualifikasi lulusan adalah sarjana atau setara dengan bachelor dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan baik dalam pengolahan air minum, air limbah, persampahan, drainase, maupun pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Kompetensi lulusan Prodi Sarjana TIL telah dipetakan berdasarkan profil lulusan. Lulusan Prodi Sarjana TIL DTSL FT UGM mempunyai keleluasaan untuk memilih jalur profesinya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Beberapa bidang profesi yang dapat dimasuki oleh Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan antara lain:
  1. Professional
    Lulusan Prodi Sarjana TIL disiapkan untuk menjadi professional dalam pembangunan infrastruktur lingkungan, baik sebagai engineer, manajer, dalam perencanaan, perancangan, pembangunan, operasi dan pemeliharaan, maupun bidang penelitian dan pemberdayaan masyarakat. Lulusan Prodi Sarjana TIL selain memiliki kompetensi keinsinyuran TIL juga disiapkan dengan hard skills dan soft skills yang unggul dijiwai oleh nilai-nilai ke-UGM an dan kearifan lokal.
  2. Akademisi
    Lulusan yang berkecimpung dalam dunia akademisi yang diharapkan mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelesaian masalah air minum, air limbah, persampahan, dan drainase, maupun pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan; mampu menyebarluaskan hasil dari praktek-praktek penyelesaian masalah secara ilmiah dengan komunikasi ilmiah secara lisan dan tertulis; serta mampu melakukan pendekatan kreatif dan inovatif dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Instansi Pemerintahan dan Daerah
    Lulusan yang berkecimpung dalam instansi pemerintahan pusat maupun daerah yang diharapkan memiliki kemampuan untuk menyiapkan dan menelaah materi peraturan dan kebijakan dalam bidang air minum, air limbah dan persampahan; mampu merancang program penyehatan lingkungan / masyarakat; mampu mengendalikan pelaksanaan program air minum, air limbah, persampahan dan drainase; memiliki kemampuan komunikasi publik; serta mampu melakukan pendekatan berbasis masyarakat.
  4. Nongovernmental Organization (NGO)
    Lulusan yang berkecimpung dalam dunia Nongovernmental Organization (NGO) diharapkan memiliki kemampuan untuk menerapkan mata-ajar komunikasi yang berkaitan dengan Teknik Infra Struktur Lingkungan sebagai perwakilan dari komunitas masyarakat; mampu menelaah kebijakan publik, globalisasi, kepemimpinan, kerjasama, dan tangung jawab etika terhadap bidang kemasyarakatan yang berkaitan dengan infrastruktur lingkungan.
C. KOMPETENSI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN TEKNIK INFRASTRUKTUR LINGKUNGAN SIKAP
S.1 Mampu bekerjasama dengan baik dalam tim multidisiplin
S.2 Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan, tanggung jawab dan etika profesi dalam bidang teknik sipil.
S.3 Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik secara tulisan dan lisan dan didukung dengan penguasaan minimal 1 bahasa internasional
S.4 Memiliki kemauan dan kemampuan untuk pengembangan diri dan pembelajaran menerus dalam profesi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan.
S.5 Mampu berfikir kreatif dan inovatif
PENGETAHUAN
P.1 Mampu mengaplikasikan matematika, sains, teknologi dalam kegiatan perancangan dan pembangunan (konstruksi) infrastruktur lingkungan.
P.2 Mempunyai pemahaman yang tinggi pada aspek fisik dan proses dari infrastruktur lingkungan bidang jaringan dan pengolahan air dan air limbah, drainase dan persampahan
P.3 Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah infrastruktur lingkungan dengan mempertimbangkan potensi pemanfaatan sumber daya lokal.
P.4 Mampu melakukan kajian/penelitian, analisis dan interprestasi data untuk keperluan perancangan dan pembangunan (konstruksi) infrastruktur lingkungan.
KETRAMPILAN UMUM
KU.1 Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengaplikasikan teknologi dan perangkat lunak terkini dalam bidang teknik infrastruktur lingkungan.
KU.2 Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang infrastruktur lingkungan.
KETRAMPILAN KHUSUS
KK.1 Mampu merancang sistem dan Teknik Infrastruktur Lingkungan sesuai kebutuhan.
KK.2 Memahami tata cara operasional, monitoring dan maintenance dari infrastruktur lingkungan.
E. KURIKULUM

Rancangan kurikulum, silabus dan pembelajaran prodi Baru TIL sejak awal telah mengacu pada capaian pembelajaran (CP) dengan fondasi ilmu dasar yang kuat serta dilandasi dengan nilai khas ke UGM-an (karakter). Pendekatan tersebut mengacu pada kriteria ABET untuk program engineering. Kurikulum tersebut juga disusun relevan dengan perkembangan jaman dan permasalahan lingkungan baik secara nasional maupun dalam konteks sasaran pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) sehingga akan tetap aktual dengan kebutuhan bangsa maupun pengembangan keilmuan saat ini dan di masa depan.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Prodi Sarjana TIL DTSL FT UGM ditetapkan mengacu pada kriteria ABET (ABET Learning Outcomes/LO) sebagai berikut:
  1. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan matematika, sains, teknologi dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan.
  2. Memiliki kemampuan dalam merancang dan melakukan penelitian, serta menganalisis dan menginterpretasikan data dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan.
  3. Memiliki kemampuan merancang sistem dan infrastruktur teknik lingkungan sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti kendala ekonomi, lingkungan, kesehatan dan keamanan.
  4. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam tim multidisiplin.
  5. Memiliki kemampuan mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan permasalahan bidang air bersih, air limbah, drainase dan persampahan dengan mempertimbangkan potensi pemanfaatan sumber daya lokal.
  6. Memiliki pemahaman kepemimpinan, tanggung jawab dan etika profesi dalam bidang Teknik Infrastruktur Lingkungan.
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  8. Memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang dampak dilaksanakannya pembangunan infrastruktur lingkungan terhadap aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.
  9. Memiliki kemauan dan kemampuan untuk pengembangan diri dan pembelajaran manusia. Memiliki pengetahuan tentang perkembangan isu-isu terkini dalam bidang air bersih, air limbah, drainase dan persampahan.
  10. Memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengaplikasikan teknologi dan piranti lunak terkini dalam bidang infrastruktur teknik lingkungan.
Pengelompokan Mata Kuliah Berdasarkan Capaian Pembelajaran yang Diharapkan
Muatan Kurikulum SKS % ABET LO
Matematika & Sains Dasar 32 22% a
Nilai-nilai ke UGM an 13 9% h, i, j
Teori dasar Teknik Lingkungan 18 13% d, e, f, h
Perencanaan & Perancangan 16 11% a, b, c
Praktikum/Penelitian 13 9% a, b
Sistem Sanitasi Lingkungan 9 6% b, c, e
Pemodelan 3 2% a, b, c
Infrastruktur ke Teknik Sipil-an 26 18% b, c, h, k
Wawasan lingkungan, issue global, nasional, kearifan lokal dan actual 4 3% d, f, g, h
Pengayaan pengetahuan lintas prodi 10 7% d, h
 Jumlah 144 100%
DAFTAR MATA KULIAH SEMESTER  I s.d. VIII Matakuliah Semester I
NO. MATA KULIAH SKS  
1 Pancasila* 2 W
2 Kewarganegaraan* 2 W
3 Fisika Dasar untuk Teknik Sipil** 3 W
4 Kimia Dasar 3 W
5 Kalkulus I** 4 W
6 Struktur dan Gambar Bangunan 2 W
7 Geomatika dan SIG** 2 W
8 Statistika Lingkungan 2 W
Jumlah total SKS 20
Matakuliah Semester II
NO. MATAKULIAH SKS  
1 Agama* 2 W
2 Kalkulus II** 4 W
3 Konsep Keteknikan Untuk Peradaban* 2 W
4 Kimia Lingkungan 3 W
5 Fisika Aplikasi 3 W
6 Mekanika Fluida** 3 W
7 Pengantar Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan 2 W
8 Dasar-dasar Mikrobiologi 2 W
Jumlah total SKS 21
Matakuliah Semester III
NO. MATAKULIAH SKS  
1 Persamaan Diferensial** 3 W
2 Proses Fisik-Kimia 3 W
3 Statika I** 3 W
4 Kewirausahaan dan Life Skill* 2 W
5 Mekanika Tanah I** 2 W
6 Bahan Bangunan dan Dasar-Dasar Teknologi Beton** 3 W
7 Pengantar Penelitian 2 W
8 Proses Biologis 3 W
Jumlah total SKS 21
Matakuliah Semester IV
NO. MATAKULIAH SKS  
1 Pemodelan dan Pemrograman Komputer 3 W
2 Manajemen Sumberdaya Air** 2 W
3 Metode Numerik I** 3 W
4 Eco-engineering 4 W
5 Hidraulika Perpipaan dan Saluran Terbuka 3 W
6 Teknik Fondasi Dangkal** 2 W
7 Hidrologi Perkotaan 2 W
Jumlah total SKS 19
Matakuliah Semester V
NO. MATAKULIAH SKS  
1 Struktur Beton Bertulang I** 3 W
2 Transfer Polutan 3 W
3 Plumbing dan Instrumentasi 2 W
4 Perancangan Sistem dan Infrastruktur Penyediaan Air Minum 4 W
5 Perancangan Sistem dan Infrastruktur Air Limbah 4 W
6 Praktikum Pengolahan Air dan Air Limbah 3 W
Jumlah total SKS 19
Matakuliah Semester VI
NO. MATAKULIAH SKS
1 Pengantar Manajemen Konstruksi** 2 W
2 Sistem Manajemen Lingkungan 2 W
3 Ekonomi Teknik** 2 W
4 Perancangan Sistem dan Infrastruktur Persampahan 4 W
5 Perancangan Sistem dan Infrastruktur Drainase Perkotaan 4 W
6 Penelitian Lingkungan 4 W
7 Geo-hidrologi dan Hidro-geologi 3 W
Jumlah total sks 21
Matakuliah Semester VII
NO. MATAKULIAH SKS  
1 Kuliah Kerja Nyata* 3 W
2 Kerja Praktek 4 W
3 MK Pilihan 8 P
Jumlah total SKS 15
Matakuliah Semester VIII
NO. MATAKULIAH SKS  
1 Tugas Akhir (Perancangan Infrastruktur Lingkungan) 6 W
2 MK Pilihan 2 P
Jumlah total SKS 8
*matakuliah UGM **matakuliah Prodi S1 Teknik Sipil DTSL FT UGM Pembagian mata kuliah skema merdeka belajar:
: Mata kuliah di prodi TIL
: Mata kuliah dapat diambil di prodi lain di UGM
: Mata kuliah dapat diambil di luar UGM
Matakuliah Pilihan
NO. MATAKULIAH SKS
1 Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat 2 P
2 Pencemaran Tanah dan Remediasi 2 P
3 Konservasi Air 2 P
4 Toksikologi Lingkungan 2 P
5 Pemantauan dan Instrumentasi 2 P
6 Teknologi Pengendalian Pencemaran Udara 2 P
7 Manajemen Kualitas Air 2 P
8 Sistem Sanitasi Tepat Guna 2 P
9 Manajemen Infrastruktur 2 P
10 Pengembangan Kepemimpinan 2 P
11 Pengembangan Kreatifitas 2 P
12 Rekayasa Sosial 2 P
Matakuliah pilihan ditawarkan/diselenggarakan setiap semester (semester gasal dan genap). Proporsi Mata Kuliah
Jenis Mata Kuliah Jumlah SKS Persentase
Perkuliahan 107,5 74,7%
Praktikum 26,5 18,4%
TOTAL MK Wajib 134
Pilihan 10* 6,9%
TOTAL MK 144
Skema Belajar “Merdeka” Prodi Sarjana TIL F. DOSEN
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada memiliki total 63 dosen atau tenaga pendidik yang 3 diantaranya telah memasuki masa pensiun dan menjadi pegawai honorer. Terdapat 7 dosen atau tenaga pendidik yang memiliki kompetensi di bidang lingkungan yaitu:
  1. Dr. Ir. Sri Puji Saraswati, M.Sc.,
  2. Dr. Ir. Budi Kamulyan, M.Eng.,
  3. Ir. Intan Supraba, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
  4. Johan Syafri Mahatir Ahmad, S.T., M.Eng., Ph.D.
  5. Ni Nyoman Nepi Marleni, S.T., M.Sc., Ph.D.
  6. Nurul Alvia Istiqomah, S.T., M.Sc.
PENERIMAAN MAHASISWA BARU

A. RAGAM SELEKSI
  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
B. PERSYARATAN
  1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dapat dilihat di sini
  2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri UGM dapat dilihat di sini.
C. JADWAL SELEKSI
ALUR KEGIATAN TANGGAL PELAKSANAAN
SNMPTN * Registrasi Akun LTMPT 4 Januari-15 Februari 2022
Pendaftaran 14-28 Februari 2022
Pengumuman 29 Maret 2022
Registrasi Akan diinformasikan kemudian
SBMPTN Registrasi Akun LTMPT 14 Februari-17 Maret 2022
Pendaftaran 23 Maret-15 April 2022
Pelaksanaan UTBK 17-23 Mei 2022 (Gelombang 1)
Pengumuman 23 Juni 2022
Registrasi Akan diinformasikan kemudian
JALUR PRESTASI Pendaftaran Akan diinformasikan kemudian
Pengumuman Akan diinformasikan kemudian
Registrasi Akan diinformasikan kemudian
CBT-UM UGM Pendaftaran Akan diinformasikan kemudian
Pelaksanaan CBT-UM UGM Akan diinformasikan kemudian
Pengumuman Akan diinformasikan kemudian
Registrasi Akan diinformasikan kemudian
* berdasar pengumuman resmi LTMPT pada laman: ltmpt.ac.id tanggal 1 Desember 2021

D. UANG KULIAH TUNGGAL (UKT)

Kategori Kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Sarjana dan Sarjana Terapan, Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri TA 2021/2022 adalah sebagai berikut:
Kelompok Kriteria penghasilan (penghasilan kotor+penghasilan tambahan)
UKT 0 Peserta Bidikmisi
UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000
UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000
UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
UKT 6 10.000.000 < Penghasilan ≤ 20.000.000
UKT 7 20.000.000 < Penghasilan ≤ 30.000.000
UKT 8 Penghasilan > 30.000.000
Besaran UKT untuk setiap kelompok dapat dilihat dalam Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 6938/UN1.P/KPT/HUKOR/2021, unduh di sini.

E. BROSUR DAN BUKU UNGGULAN
  1. Brosur Ragam Program Studi Sarjana dan Sarjana Terapan dapat diunduh di sini
  2. Buku Unggulan Program Sarjana dapat diunduh di sini
  3. Buku Unggulan Program Sarjana Terapan (D4) dapat diunduh di sini
A. FORM PERMOHONAN
B. DOKUMEN
Prosedur Pemeriksaan Similarity Index selengkapnya
Prosedur Pendadaran dan Ujian Tertutup Luring selengkapnya
Buku Panduan Akademik Prodi TIL selengkapnya
Petunjuk Teknis Pelaksanaan UTS dan UAS Prodi Sarjana dan Magister selengkapnya
Buku Saku Kegiatan Luring Selama Pandemi Covid-19 selengkapnya
C. PENILAIAN UJIAN
Penilaian Ujian Tesis selengkapnya
Penilaian Ujian TA selengkapnya