A. LATAR BELAKANG

Dalam upaya mengejar kemungkinan ketinggalannya sektor transportasi dalam mendukung pembangunan nasional, salah satu bidang tugas yang sangat penting untuk dikuasai oleh pemerintah (pusat maupun daerah) adalah sistem dan teknik transportasi yang komprehensif dan pragmatis.

Perencanaan sistem transportasi melihat jauh ke depan dan mengantisipasi permintaan (demand), baik transportasi antar kota maupun dalam kota, serta mempersiapkan strategi, kebijaksanaan, program dan aturan-aturan yang diperlukan untuk penyediaan prasarana yang efisien.

Teknik Transportasi lebih jauh mengejawantahkan konsep-konsep perencanaan sistem dalam bentuk-bentuk rancang bangun yang murah, efektif, efisien serta serasi lingkungan.

Pendidikan dalam bidang transportasi, baik jenjang S1 maupun S2, merupakan faktor utama dalam penyediaan tenaga-tenaga yang mampu. Program Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT) di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada didirikan Januari 1996 dalam rangka meningkatkan jumlah dan kemampuan sumber daya manusia yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengembangan transportasi di Indonesia.

MSTT UGM, adalah program studi di lingkungan Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UGM, selaku institusi penyelenggara pendidikan lanjut (master) di bidang transportasi, yang dalam misinya berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) transportasi di seluruh Indonesia. Salah satu program MSTT UGM adalah mempersiapkan mahasiswa untuk mampu menyongsong era globalisasi. Untuk itu, perlu dilakukan suatu langkah yang baik yaitu dengan pengembangan kurikulum.

Program tersebut mula-mula dilaksanakan sebagai salah satu minat studi di bawah Program Studi Teknik Sipil. Berdasarkan SK Mendikbud No. 120/DIKTI/ Kep./1998 tanggal 17 April 1998 program ini tidak lagi menjadi minat studi dan berubah sebagai Program Studi (Magister) Sistem dan Teknik Transportasi. 

B. TUJUAN 

  1. Pendidikan tinggi teknik bidang transportasi yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, responsif, dan berbudaya serta memiliki kompetensi akademik. 
  2. Produk penelitian bidang transportasi yang inovatif menjadi rujukan nasional dan bermanfaat memberi solusi menyelesaikan permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara berbasis pada nilai-nilai keunggulan lokal. 
  3. Pengabdian kepada masyarakat berbasis keilmuan transportasi yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.
  4. Tata kelola program studi yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel, dan terintegrasi antar bidang guna menunjang efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya. 
  5. Kerjasama berbasis kesetaraan yang strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan lembaga mitra dalam dan luar negeri untuk menghasilkan luaran yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas SDM bidang transportasi serta berkontribusi responsif dalam merumuskan dan menyelesaikan permasalahan transportasi.

C. VISI

Visi Program Studi MSTT-UGM adalah program studi transportasi bertaraf internasional yang unggul, inovatif, responsif, dan berbudaya pada 2022.

D. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang transportasi bertaraf internasional, berkualitas, dan berdaya saing di pasar global.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang transportasi dalam rangka ikut berperan dalam menyelesaikan permasalahan transportasi. 
  3. Menjalin kerjasama dengan institusi lain baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

E. AKREDITASI

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 4390/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/VIII/2020 mendapatkan akreditasi A yang berlaku 2 Agustus 2020 - 2 Agustus 2025. Sertifikat dapat diunduh pada link unduh

F. STAFF DAN PENGELOLA

A. PRA PASCA INTENSIF

Kuliah Pra Pasca Intensif (PPI) akan diwajibkan bagi para peserta yang berasal dari S1 no teknik dan bagi mereka yang menurut hasil tes disarankan, PPI akan berlangsung selama 1 bulan sebelum program S2 dimulai.

B. KURIKULUM

Program ini disusun agar peserta dapat menyelesaikan studi dalam waktu 24 bulan, yang terdiri dari 4 semester kegiatan perkuliahan termasuk penyusunan tesis. Sistem pembelajaran yang diselenggarakan beserta kredit yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  1. Program Reguler, mahasiswa menempuh minimum 44 SKS (yang terdiri dari 36 SKS kuliah dan 8 SKS tesis) di MSTT UGM. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  2. Program Internasional termasuk Dual Degree Program Internasional diselenggarakan menggunakan Bahasa Inggris. Selain menempuh studi di MSTT UGM, mahasiswa berkesempatan untuk menempuh studi di universitas mitra di luar negeri. 
Pada program reguler terdapat 5 minat studi:
  1. Pembangunan Prasarana Jalan
  2. Manajemen Prasarana Jalan dan Jembatan
  3. Manajemen Transportasi
  4. Sistem Transportasi
  5. Transportasi Multimoda.
C. GELAR

Gelar yang diberikan adalah Master of Science (M.Sc.).

D. DOSEN

Staff pengajar MSTT merupakan tenaga ahli yang kompeten di bidang sistem dan teknik transportasi yang terdiri dari 11 orang guru besar dan sebagian besar (11 orang) bergelar doktor dan sebagian kecil bergelar master/setara master.

Sebagian besar dosen berasal dari Jurusan Teknik Sipil FT-UGM, sedangkan lainnya berasal dari Jurusan Teknik Arsitektur FT-UGM, Jurusan Teknik Elektro FT-UGM, Jurusan Matematika Fakultas MIPA, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Psikologi. Jumlah dosen tetap yang sesuai bidangnya cukup untuk melaksanakan proses pembelajaran di Program Studi MSTT dengan rasio rata-rata jumlah dosen dan mahasiswa sebesar 1 : 1,17.

  1.  Achmad Djunaedi, Prof., Ph.D., MUP., Ir.
  2. Agus Darmawan Adi, Dr., M.Sc., Ir.
  3. Agus Taufik Mulyono, Prof., Dr., M.T., Ir.
  4. Achmad Munawar, Prof. Dr.Ing., M.Sc., Ir.
  5. Akhmad Aminullah, Dr., M.T., S.T.
  6. Andreas Triwiyono, Dr., Ir.
  7. Bagus Riyono, Dr., MA.
  8. Bambang Suhendro, Prof., Ph.D., M.Sc., Ir.
  9. Bambang Triatmodjo, Prof., Dr., DEA., Ir.
  10. Budi S. Wignyosukarto, Prof., Dr., Dipl.HE., Ir.
  11. Danang Parikesit, Prof. Dr.Techn., M.Sc., Ir.
  12. Dewanti, Dr., M.S., Ir.
  13. Djoko Murwono, M.Sc., Ir.
  14. Hary Christady Hardiyatmo, Prof., Dr., M.Eng., DEA., Ir.
  15. HRC. Priyosulistyo, Prof., Ph.D., M.Sc., Ir.
  16. Iman Satyarno, Prof., Ph.D., M.E., Ir.
  17. Imam Muthohar, Dr., M.T., S.T.
  18. Latif Budi Suparma, Dr., M.Sc., Ir.
  19. Muhammad Fauzie Siswanto, Dr., M.Sc., Ir.
  20. Muhammad Zudhy Irawan, Dr., M.T., S.T.
  21. Nur Yuwono, Prof., Ph.D., Dip.HE., Ir.
  22. Sigit Priyanto, Prof. Ph.D., M.Sc., Ir.
  23. Siti Malkhamah, Prof. Dr., M.Sc., Ir.
  24. Soeratno, Dr., M.E.
  25. Sri Harto Brotowiryatmo, Prof., Dr., Dip.H., Ir.
  26. Subagyo, Ir., Ph.D.
  27. Subaryono, Ph.D., M.A., Ir.
  28. Sumarjono, M.T., S.T.
  29. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Prof. Dr., Ir.
  30. Wardhani Sartono, M.Sc., Ir.

E. MATA KULIAH

1. SEMESTER I

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

A. RAGAM SELEKSI
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana terdiri dari:
  1. Jalur Reguler Diperuntukkan bagi pendaftar dengan biaya sendiri.
  1. Jalur Kerja sama Diperuntukkan bagi:
  1. Pendaftar yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa oleh lembaga/instansi pemberi beasiswa (dibuktikan dengan adanya surat penetapan sebagai penerima beasiswa); atau
  2. pendaftar yang pendidikanya dibiayai oleh mitra kerja sama UGM yang dibuktikan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) yang berlaku (daftar mitra kerja sama dapat dipilih pada saat mengisi pendaftaran online).
  1. Jalur Pelamar Beasiswa Diperuntukkan bagi pendaftar yang sedang mendaftar beasiswa dari berbagai lembaga/instansi/pihak pemberi beasiswa.
  1. Jalur Internasional Diperuntukkan bagi pendaftar Warga Negara Asing (WNA).
  1. Jalur Matrikulasi Pra Magister Diperuntukkan bagi pendaftar program matrikulasi pra magister.
  1. Jalur Berbasis Penelitian (by research) Diperuntukkan bagi pendaftar program Magister atau Doktor yang telah memiliki pengalaman penelitian dan publikasi sebelumnya, dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian serta publikasi.
Untuk melakukan pendaftaran Program Pascasarjana, silakan membuat akun pendaftaran disini

B. SYARAT PENDAFTARAN
Dokumen dan/atau data yang diperlukan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:
1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:
  1. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
  2. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
  3. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.
3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi.
Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.
4. Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:
Jenis Skor Minimal Keterangan
PAPs UGM
450
TPDA PLTI
450
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS
450
*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini.
5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:
Jenis Skor Minimal Keterangan
AcEPT UGM
149
TOEP PLTI
27
International English Testing System (IELTS)
4.0
Internet-Based (iBT) TOEFL
30
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL
400
*) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini. Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini.
6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus:
  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi.
*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research)
8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanian Kerja Sama (PKS) atau Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

Program Studi/Fakultas/Sekolah Pascasarjana dapat menentukan standar IPK, tes potensi, dan kemampuan Bahasa Inggris lebih tinggi daripada yang dipersyaratkan Universitas. Informasi lebih lanjut silakan hubungi program studi tujuan.

C. PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Menghubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan/atau persyaratan tambahan yang diperlukan dalam seleksi. Kontak program studi klik di sini.
  2. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
  3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
    1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
    2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
    3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
No Dokumen Format
(1) Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya *.pdf
(2) Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
(3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
(4) Sertifikat hasil tes potensi* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi: *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini. *.pdf
(5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris* yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris: *) Pendaftar wajib mempunyai skor. Meskipun demikian, karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid 19, maka diambil kebijakan bahwa skor yang belum memenuhi syarat minimal tersebut di atas, masih dapat mendaftar untuk periode ini. Tabel Konversi Tes Bahasa Inggris Menjadi Nilai Angka, silakan klik disini. *.pdf
(6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(7) Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
(8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
(9) Draft Proposal penelitian Tesis*/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi*) Wajib bagi pelamar jalur Berbasis Penelitian (by research) *.pdf
(10) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
  1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
  2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun. Pendaftar pada gelombang 1 belum diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang 2 dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftaran pada gelombang 2 dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
  3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
A. FORMULIR PERMOHONAN
Permohonan Dosen Pembimbing Tesis selengkapnya
Permohonan Seminar Proposal selengkapnya
Permohonan Seminar Hasil selengkapnya
Permohonan Ujian Tesis/Pendadaran selengkapnya
Permohonan Surat Pengantar Resmi Magang MSTT selengkapnya
Permohonan Kerja Praktik/Magang selengkapnya
Permohonan Kunjungan Lapangan Dosen Pembimbing Magang/KP selengkapnya
Surat Keterangan Yudisium selengkapnya
Permohonan Yudisium selengkapnya
Reward Publikasi (Best Paper/Best Presenter/Best Poster) selengkapnya
Surat Permohonan Penundaan & Keringanan UKT selengkapnya
Surat Permohonan Cuti Kuliah dan Aktif Kembali selengkapnya
Surat Keterangan Aktif Mahasiswa selengkapnya
Surat Izin Penelitian/Survei selengkapnya
Surat Izin Pengambilan Data selengkapnya
Surat Keterangan Tidak Sedang Menerima Beasiswa selengkapnya
Surat Keterangan Pernah Menempuh Studi (Alumni) selengkapnya
B. DOKUMEN
Prosedur Pemeriksaan Similarity Index selengkapnya
Prosedur Pendadaran dan Ujian Tertutup Luring selengkapnya
Petunjuk Teknis Pelaksanaan UTS dan UAS Prodi Sarjana dan Magister selengkapnya
Buku Saku Kegiatan Luring Selama Pandemi Covid-19 selengkapnya
Buku Katalog Dosen selengkapnya
Alur Pengajuan Keringanan UKT TA selengkapnya
C. FORM PENGAJUAN PEMBIAYAAN KERJASAMA
PT. Adhi Karya selengkapnya
PT. KAI selengkapnya
Kementerian Perhubungan selengkapnya
D. PENILAIAN UJIAN
Penilaian Ujian Tesis selengkapnya
E. INFO dan DOWNLOAD ARSIP ABSEN SEMINAR, PENDADARAN
Informasi seminar dan pendadaran selengkapnya
Download absen seminar dan pendadaran selengkapnya