Perancangan Bangunan Teknik Sipil

sks             :  2

Semester    :  VI

Tujuan       :  mahasiswa dapat memahami dan merencanakan bangunan-bangunan teknik sipil (bidang transportasi, bidang struktur, dan bidang hidro) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Silabus       :  1.   PERANCANGAN BANGUNAN TRANSPORTASI: pendahuluan, prinsip-prinsip perancangan bangunan teknik sipil pada bidang transportasi, perancangan bangunan terminal dan tempat henti, perancangan bangunan parkir, perancangan bangunan simpang, perancangan bangunan bandar udara, perancangan bangunan pelabuhan.

2.   PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG: Prinsip-prinsip perancangan gedung, perancangan struktur atap, perancangan pelat, balok, kolom, pondasi dan struktur lainnya. Teknik pembuatan spesifikasi teknik untuk bangunan beton, baja, kayu dan pembuatan/perhitungan BOQ dan RAB.

3.   PERANCANGAN BANGUNAN JEMBATAN: Pengenalan model-model jembatan dan cara pemilihan model-model yang sesuai. Kaitan model struktur dengan bahan yang dugunakan. Macam pembebanan jembatan jalan rel maupun jalan raya atau lalu lintas umum. Metode analisis struktur untuk bermacam-macam jembatan sperti: jembatan gelagar/balok, jembatan rangka, jembatan kabel dan termasuk metode perancangannya dan pembuatan spesifikasi teknik, pembuatan/perhitungan BOQ dan RAB.

4.   PERANCANGAN BANGUNAN AIR: Macam dan fungsi bangunan keairan, pertimbangan dasar perancangan (lokasi, tipe, konstruksi utama, sistem pembilasan) saluran penangkap pasir, pintu pengambilan, pintu pembilas, lantai bawah. Prosedur penetapan besaran rancangan dan perancangan detail bendung irigasi.

Aspek lingkungan dalam Perancangan Bangunan Teknik Sipil.

Tugas         :  terdapat 4 kelas paralel, yaitu (1) Perancangan Bangunan Transportasi, (2) Perancangan Bangunan Gedung, (3) Perancangan Bangunan Jembatan, dan (4) Perancangan Bangunan Air.

Praktikum : (tidak ada)

Pustaka            :