PRESTASI MAHASISWA

Tim Mahasiswa DTSL Meraih Juara I dalam Lomba Analisis Potensi Masalah High Speed Rail (HSR) Jakarta–Bandung Line pada Civil National Expo 2016 di Universitas Tarumanegara Jakarta

Image is not available

DOUBLE DEGREE PROGRAM

Kerjasama antara Universitas Gadjah Mada dan Gachon University telah dimulai sejak tahun 2014 dengan ditandatanganinya MOU oleh Rektor Universitas Gadjah Mada dan President Gachon University. Kemudian diikuti dengan Double Degree Agreement untuk program studi Magister Sistem dan Teknik Transportasi dan Master Program in Traffic Studies pada tahun 2015.

LABORATORIUM STRUKTUR

Lab. Struktur melayani praktikum dan penelitian mahasiswa S1, S2 dan S3 antara lain : Analisis Tegangan, Regangan & Deformasi, Analisis Struktur Statis, Analisis Dinamic Struktur, Struktur Beton Lanjut, Metode Experiment struktur, Teknologi Bambu, dan lainnya.

LABORATORIUM TRANSPORTASI

Kegiatan praktikum dan penelitian di Lab. Transportasi antara lain : Pengujian Agregat (analisa saringan, abrasi, soundness, berat jenis), Pengujian Aspal (penetrasi, daktilitas, titik lembek, titik nyala dan titik bakar, berat jenis), Pengujian Karekteristik campuran (pengujian marshall, cohesiometer, stabilometer, indirect tensile strength, permeabilitas, skid resistance)

LABORATORIUM HIDRAULIKA

Kegiatan riset yang dilakukan oleh Laboratorium Hidraulika terutama terkait dengan permasalahan pengelolaan air dan lingkungan, seperti degradasi lingkungan, suplai air dan sanitasi, juga bencana alam. Beberapa Sub-tema Riset Unggulan tersebut antara lain adalah: Manajemen Daerah Pantai, Manajemen Sumber Daya Air, Hidroinformatika, Manajemen Erosi dan Sedimentasi, Dampak Perubahan Iklim pada Lingkungan.

LABORATORIUM TEKNIK PENYEHATAN

Laboratorium Teknik Penyehatan dan Lingkungan terdiri dari Laboratorium Indoor dan Laboratorium Outdoor. Keduanya dilengkapi dengan fasilitas teknis dan praktis untuk mendukung proses pembelajaran dan pelatihan. Laboratorium dapat digunakan untuk pengujian kualitas air dan air limbah, meliputi parameter fisik dan beberapa parameter kimia.

LABORATORIUM MEKANIKA TANAH

Laboratorium Mekanika Tanah memimpin di garis depan bidang rekayasa geoteknik yang memiliki peran penting dalam desain, konstruksi, pemeliharaan dan teknik forensik. Utilization coal ash as recycling material options in view point of geo-environment, Karst Material characterization & construction of underground river barrage, Local genius and rehabilitation of Prambanan temple due to earthquake,dll.

LABORATORIUM BAHAN BANGUNAN

Pengujian los angeles gradasi, pengujian soundness pasir, pengujian core drill, pengujian hammer test, pengujian kuat tekan beton, pengujian mix design beton, pengujian kuat tekan mortar, pengujian hollow block (bata beton berlubang), pengujian lentur balok beton, pengujian lentur kayu, pengujian tarik baja, pengujian lengkung baja, pengujian tarik baja profil, pengujian gradasi pasir, dan lainnya

LABORATORIUM TEKNOLOGI TRADISIONAL

Asal mula laboratorium tersebut ialah sebuah gedung pemberian Departemen PU semasa Menteri Prof. Dr. Ir. Soetami almarhum, yang diberikan kepada Fakultas Teknik (Teknik Sipil) atas jasa kerjasama yang baik dalam Proyek Pengairan Pasang Surut. Gedung ini pada tahun 2007 diperbaharui oleh Menteri PU Dr.Ir. Joko Kirmanto dengan perantaraan Ir. Darmanto, Dip.HE, M.Sc. (sebagai penerus)

LABORATORIUM KOMPUTASI

Laboratorium komputasi harus bisa menjadi penyedia fasilitas pembekalan pemahaman penggunaan komputer dalam bidang ketekniksipilan yang diperlukan oleh mahasiswa sebelum terjun ke dunia kerja. Saat ini ada 41 software yang ada di lab komputasi yang terdiri dari software untuk struktur, mekanika tanah, hidraulika dan transportasi

Arrow
Arrow
Slider