Keselamatan Kerja dan Analisis Resiko

sks             :  2

Semester    :  III

Mata kuliah Prasyarat: (tidak ada)

Tujuan       : mahasiswa dapat mengetahui peraturan perundang-undangan yang disyaratkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, aspek hukum dalam penyelenggarakan jasa konstruksi, termasuk kesehatan dan keselamatan kerja, serta hal-hal yang terkait dengan analisis dan penanganan resiko.

Silabus       :  Prinsip kesehatan dan keselamatan kerja. Penanganan limbah B3. Pengendalian dan monitoring bahaya. Bahaya kebakaran. Tanggap darurat. Keselamatan kerja pada pekerjaan konstruksi (jalan, jembatan, bangunan gedung, bangunan air dan pekerjaan bawah air). Sistem pengelolaan pengamanan, kesehatan dan keselamatan kerja. Bencana alam. Faktor resiko. Kajian resiko. Standar nasional dan internasional. Pengantar aspek hukum pembangunan dan prioritas pembangunan nasional : Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, penyusutan anggaran perusahaan dan/atau anggaran proyek pembangunan : pedoman pengadaan barang dan jasa (untuk instansi pemerintah), Undang-Undang Jasa Konstruksi, Internasional Standard of Conditions of Contract; aspek perseroan, perbankan, perasuransian dan perpajakan dalam penyelenggaraan jasa konstrtuksi; aspek agraria dalam pembangunan pengadaan tanah untuk proyek pembangunan, pengelolaan sumber daya alam, aspek penataan ruang dan perizinan untuk melaksanakan proyek pembangunan, arbitrase dan alternatif penyelesaian sengketa dalam penyelenggaraan jasa konstruksi, aspek lingkungan dalam Kesehatan Kerja dan Analisis Risiko.

Tugas         :  (tidak ada)

Praktikum  :  (tidak ada)

Pustaka      :

1.   Jervis,B.M. and Levin, P., 1998, Construction Law, Mc Graw Hill, FIDIC, 1999, Condition of Contract for Construction.