MSTT (Magister Sistem dan Teknik Transportasi)

Pendahuluan

Dalam upaya mengejar kemungkinan ketinggalannya sektor transportasi dalam mendukung pembangunan nasional, salah satu bidang tugas yang sangat penting untuk dikuasai oleh pemerintah (pusat maupun daerah) adalah sistem dan teknik transportasi yang komprehensif dan pragmatis.

Perencanaan sistem transportasi melihat jauh ke depan dan mengantisipasi permintaan (demand), baik transportasi antar kota maupun dalam kota, serta mempersiapkan strategi, kebijaksanaan, program dan aturan-aturan yang diperlukan untuk penyediaan prasarana yang efisien.

Teknik Transportasi lebih jauh mengejawantahkan konsep-konsep perencanaan sistem dalam bentuk-bentuk rancang bangun yang murah, efektif, efisien serta serasi lingkungan.

Pendidikan dalam bidang transportasi, baik jenjang S1 maupun S2, merupakan faktor utama dalam penyediaan tenaga-tenaga yang mampu. Program Magister Sistem dan Teknik Transportasi (MSTT) di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada didirikan Januari 1996 dalam rangka meningkatkan jumlah dan kemampuan sumber daya manusia yang bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengembangan transportasi di Indonesia.

MSTT UGM, adalah program studi di lingkungan Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UGM, selaku institusi penyelenggara pendidikan lanjut (master) di bidang transportasi, yang dalam misinya berperan aktif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) transportasi di seluruh Indonesia. Salah satu program MSTT UGM adalah mempersiapkan mahasiswa untuk mampu menyongsong era globalisasi. Untuk itu, perlu dilakukan suatu langkah yang baik yaitu dengan pengembangan kurikulum.

Program tersebut mula-mula dilaksanakan sebagai salah satu minat studi di bawah Program Studi Teknik Sipil.  Berdasarkan SK Mendikbud No. 120/DIKTI/ Kep./1998 tanggal 17 April 1998 program ini tidak lagi menjadi minat studi dan berubah sebagai Program Studi (Magister) Sistem dan Teknik Transportasi. Sejak 13 September Tahun 2000, MSTT mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi dengan predikat Unggul.

Tanggal 22 Desember 2005 MSTT kembali mendapatkan akreditasi A (Terbaik) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No 012/BAN-PT/Ak-IV/S2XII/2005 dan sertifikat akreditasi nomor 00578/Ak-IV/S2-012/UGMSTT/XII/2005.

Tanggal 17 Desember 2010 MSTT mendapatkan akreditasi A (Terbaik) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 017/BAN-PT/Ak-VIII/S2/XII/2010.

Pengelola

Ketua Pengelola Program Studi
Prof. Dr. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc.

Pembantu Pengelola Bidang Akademik dan Sarana Prasarana
Dr. Ir. Imam Muthohar, MT.

Pembantu Pengelola Bidang Keuangan
Dr. Ir.Latif Budi Suparma, M.Sc.

MSTT UGM
Jurusan Teknik Sipil & Lingkungan Fakultas Teknik
Jl. Grafika No.2 Kampus UGM Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 524712, 524713; Fax.(0274) 524713, SMS 0811 268 399
Email: admin@mstt.ugm.ac.id

Informasi lebih lanjut : http://mstt.ugm.ac.id/